Kamis, 13 Mei 2010

Pertumbuhan Tumbuhan

Meristem menghasilkan sel-sel untuk organ baru sepanjang kehidupan tumbuhan. Meristem apikal memanjang tunas dan akar melalui pertumbuhan primer. Meristem lateral menambahkan ukuran diameter pada tumbuhan berkayu melalui pertumbuhan sekunder.



Pertumbuhan Primer: meristem apikal membesar dan tunas dengan cara menjadi bagian primer tumbuhan. Meristem apikal menghasilkan sel-sel yang terus membelah sebagai sel-sel meristem protoderm, protokambium, meristem vaskuler, dan jaringan dasar bagian primer tumbuhan. Pada akar, meristem apikal terletak di dekat ujung, dimana meristem apikal akan meregenerasi tudung akar dan menghasilkan meristem primer. Meristem apikal tunas terletak di titik terminal, di mana meristem apikal akan menjadi modul demi modul, suatu pengulangan ruas dan buku yang mengandung daun.


Pertumbuhan sekunder: Meristem lateral menambah ukuran diameter dengan menghasilkan jaringan pembuluh sekunder dan periderm. Kambium vaskuler berkembang dari sel-sel parenkima menjadi suatu silinder meristematik yang menghasilkan xilem sekunder dan floem sekunder. Kambium gabus akan menjadi pelindung tubuh sekunder tumbuhan, atau periderm, yang terdiri dari kambium gabus ditambah dengan lapisan sel-sel gabus yang dihasilkannya. Kulit adalah periderm ditambah floem sekunder-semua jaringan itu bersifat eksternal terhadap kambium vaskuler.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tempat komentar ini digunakan untuk:

1. Memberikan kritik / saran yang bersifat membangun untuk kelancaran dan peningkatan blog ini.

2. Mengajukan pertanyaan, jika ada materi yang tidak jelas atau belum paham. (hanya di jawab jika penulis mampu dan mempunyai ilmu mengenai yang ditanyakan)

3. Share informasi tambahan dari pembaca

Terimakasih...