Jumat, 24 Februari 2012

Sejarah Mikrobiologi - Perkembangan Teknik dan Cara Kerja di Laboratorium Mikrobiologi


1   5) PERKEMBANGAN TEKNIK DAN CARAKERJA DI LABORATORIUM MIKROBIOLOGI

a.   Postulat Koch
}  Dr. Koch dan rekan-rekannya mengembangkan beberapa prosdur perkembangan mikrobiologi. Hal ini mencakup prosedur untuk mewarnai bakteri agar mudah memeriksa / diamati dan teknik untuk membiakkan mikroba di laboratorium.
}  Suatu teknik yang dikembangkannya adalah penggunaan media, yaitu suatu substrat untuk menumbuhkan bakteri, yang menjadi padat dan tetap tembus pandang pada suhu inkubasi (suhu yang cocok untuk pertumbuhan).
}  Adapun media yang digunakan:
  1. Gelatin : kurang memadai karena suhu tumbuh menjadi cair
  2. Irisan kentang / wortel : kekurangan nutrien untuk mikroorganisme terutama yang berkaitan dengan tubuh manusia.
  3. Ekstrak ganggang laut / agar-agar:  dapat dilarutkan dalam larutan nutrien dan akan tetap padat dalam kisaran temperatur yang luas.


b.   Konsepsi Biakan Murni
}  Media agar merupakan substrat yang sangat baik untuk memisahkan campuran mikroorganisme sehingga setiap jenisnya menjadi terpisah-pisah.
}  Dengan media agar dapat memungkinkan masing-masing bakteri yang berbeda jenis dapat tumbuh berjauhan dan dapat membentuk koloni sekelompok massa sel yang dapat dilihat dengan mata biasa.
}  Semua sel dalam koloni itu sama, dianggap satu keturunan (progeni) satu mikroorganisme dan karena itu mewakili apa yang disebut dengan mikrobiologiawan biakan murni.
}  Penggunaan agar pada media mikrobiologi yang semula diusulkan di laboratorium oleh Koch pada awal 1880an sampai sekarang digunakan secara luas sampai sekarang. 

Biakan Bakteri Pada Media Agar
* Perhatikan gambar di atas!
Pada gambar di atas terdapat beberapa koloni bakteri, yaitu koloni bakteri berwarna merah, kuning dan putih (gading). Yang dimaksud dengan biakan murni adalah ketika salah satu dari koloni bakteri tersebut di pisahkan dan di buat ke dalam media agar yang baru.

Koloni satu macam bakteri


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tempat komentar ini digunakan untuk:

1. Memberikan kritik / saran yang bersifat membangun untuk kelancaran dan peningkatan blog ini.

2. Mengajukan pertanyaan, jika ada materi yang tidak jelas atau belum paham. (hanya di jawab jika penulis mampu dan mempunyai ilmu mengenai yang ditanyakan)

3. Share informasi tambahan dari pembaca

Terimakasih...