Senin, 14 Februari 2011

Konsep Dasar Mikrobiologi - Sejarah Mikrobiologi



Mikrobiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari makhluk hidup yang sangat kecil (diameter kurang dari 0,1 mm) yang tak dapat dilihat dengan mata biasa tanpa bantuan suatu peralatan khusus.
Makhluk ini, yang disebut jasad renik atau mikroorganisme, terdapat di mana-mana. Diantaranya ada yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, tetapi banyak pula yang merugikan dan menimbulkan penyakit.
Mikrobiologi meliputi berbagai disiplin ilmu seperti bakteriologi, imunologi, virology, mikologi dan parasitologi. Dalam mikrobiologi kedokteran, dipelajari mikroorganisme yang ada kaitannya dengan penyakit (infeksi); dan dicari jalan bagaimana cara pencegahan, penanggulangan serta pemberantasannya. Ilmu ini masih terus berkembang karena mikroorganisme sebagai makhluk hidup yang mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya.



1.1  KONSEP DASAR MIKROBIOLOGI

1.1.1        SEJARAH MIKROBIOLOGI
Sejarah Mikrobiologi

Mikrobiologi ialah telaah mengenai organisme hidup yang berukuran mikroskop yang terdiri dari lima kelompok organisme:
-          Bakteri,
-          Protozoa,
-          Virus,
-          Algae, dan
-          Cendawan mikroskopis
Diantara mikroorganisme ada yang dapat menyebabkan penyakit dan menyebabkan perubahan kimiawi pada bahan-bahan sekitar. Beberapa mikroorganisme dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia diantaranya: pembuatan anggur, keju, roti, yoghurt, produksi penisilin, dan pembuangan limbah.

Pokok Bahasan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tempat komentar ini digunakan untuk:

1. Memberikan kritik / saran yang bersifat membangun untuk kelancaran dan peningkatan blog ini.

2. Mengajukan pertanyaan, jika ada materi yang tidak jelas atau belum paham. (hanya di jawab jika penulis mampu dan mempunyai ilmu mengenai yang ditanyakan)

3. Share informasi tambahan dari pembaca

Terimakasih...